# WELCOME TO MY FIRST BLOG GUYS #

Disini kita bisa saling berbagi mengenai sesuatu yang kita tadinya tidak tahu menjadi tahu. So,let enjoy with my blog :-)
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

English Debate ( Debat Bahasa Inggris )

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit pengetahuan mengenai debat bahasa ingrris. Seperti kita tahu, bahwa betapa pentingnya bahasa Ingrris pada masa sekarang. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.  Seperti kita tahu, bahwa banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang merekrut para pegawainya berdasarkan TOEFL mereka yang harus lebih dari 400. Karena, perusahaan banyak bekerjasama dengan perusahaan asing, yang mana dalam komunikasi dengan orang asing tersebut mau tidak mau kita harus menggunakan bahasa Inggris. Bisakah Anda bayangkan apabila kita ingin bekerja tetapi TOEFL kita kurang dari 400 kemudian kita tidak di terima di perusahaan tersebut? Sungguh sangat disayangkan apabila kita tidak mempunyai kemampuan dalam berbahas inggris karena, bahasa inggris sangat diperlukan apabila kita ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan asing maupun lokal.

Oleh karena itu, salah satu cara kita agar terbiasa dalam berbica menggunakan bahasa Inggris, yaitu dengan melakukan debat menggunakan bahasa Inggris. Saat ini debat bahsa Inggris sudah banyak dilakuakan oleh para siswa-siswi di SMA swasta maupun negeri di Indonesia. Tidak hanya di SMA tetapi di SMP pun sudah ada beberapa SMP yang mencoba memberikan materi debat di sekolahnya. Sebenarnya memang dibutuhkan kemampuan yang lenih untuk melakukan debat, karena kita dituntut untuk saling berargumentasi satu sama lain.

Apa itu debat?????
Debat merupakan sarana untuk mengkomusikasikan kemampuan berbicara di depan umum, meyakinkan juri dan argumen-argumen yang logis bahwa pendapatnya memang lebih rasional. Debat sifatnya mengajak para pendengar dan juri supaya mengakui keabsahan pendapat tersebut. Tentu saja penampilan seorang pendebat ( Debater ) harus meyakinkan dan setiap pendapatnya harus didukung fakta yang jelas dan sumber yang akurat.

Debat bukan ajang untuk menonjolkan tendensi pribadi, memakai karena alasan pribadi, menyerang orang lain tanpa alasan yang rasional atau himbauan yang didasarkan pada emosi semata.

Debat sistem ini mengajukan dua tim dengan masing-masing terdiri dari tiga orang. Kedua tim itu ditentukan oleh juri sebagao Tim Affirmative( setuju ) dan Tim Negative ( menolak motion ). Anggota masing-masig tim saling berbagi posisi sebaga pembicara pertama first speaker, pembicara kedua second speaker, dan pembicara ketiga third speaker.Diantara pembicara pertama dan kedua, terdapat repy speajer, yaitu pembicara balasan.

Di dalam setiap debat, terdapat topik yang diperdebatkan yang biasanya disebut Motion. Setelah motion ditentukan, setiap tim diberi waktu 30 menit untuk menyiapkan konsepnya yang biasa disebut case building.

Setiap pembicara mengemukakan substansi argumennya selama 5 menit dan pembicara balasan 3 menit. Lengkapnya bisa dilihat sebagai berikut :

a)1st speaker Affirmmative- 5 menit.
b)1stspeaker Negative -5 menit
c)2nd speaker Affirmmative- 5 menit.
d)2nd speaker Negative -5 menit
e)3rd speaker Affirmative- 5 menit
f)3rd speaker Negative- 5 menit

Pembicara balasan / reply speaker :
a) Negative Reply - 3 menit
b) Affirmative Reply - 3 menit
Tugas dari1st speaker Affirmmative adalah :
1) Mendefinisikan motion.
2) Memberikan Theme Line ( Benang merah ), yaitu hal yang mendasari logika motion.
3) Team Split ( Pemecahan tugas anggota )
4) Memberikan argumentasi

Tugas dari 2nd speaker Affirmmative- 5 menitadalah :
!) Memberikan rebuttal ( sanggahan )
2) Memberikan argumentsai

Tugas dari 3rd speaker Affirmative adalah :
1) Memberikan Rebtutal
2) Menjelaskan ulang apa yang disampaiakn oleh pembicara pertama dan pembicara kedua.

Tugas dari 1stspeaker Negative adalah :
1) Menegaskan jawaban atas definisi dari tim affirmative, apakah menerima atau menolak definisi tersebut. Biasanya menerima saja, tapi pembuktian dan argumennya dianggap tidak sesuai dengan logika.
2) Menangkis dasar pemikiran dari pembicara pertama affirmative, tentunya harus didukung engan bukti-bukti.
3) Mengemukakan dasar pemikiran/logika dari timnya.
4) Menjelaskan pembagian tugas timnya.
5) Menjelaskan sub topiknya sendiri ( segi sosial, misalnya ) yang telah dibagi dalam tim split.

Tugas dari 2nd speaker Negative adalah :
1) Menyerang argumen dari kedua pembicara tim affirmative.
2) Menjelaskan dasar logika tim negative.
3) Menjelaskan argumentasi topiknya sendiri yang telah dibagi dalam team split.
4) Mengemukakan ringkasan umum seluruh isi pembicaraannya.

Tugas dari 3rd speaker adalah :
1) Menyerang argumen dan theme line yang diajukan oleh ketiga pembicara lawan dan memperkuatnya dengan mengajukan bukti dan data-data yang lebih jauh.
2)Membangun kembali theme line yang dirobohkan tim negative.
3) Mencari-cari kesalahan tim lawan. Tunjukkan bahwa argumen lawanmu saling bertentangan satu sama lain yang menandakan organisasi mereka tidak kompak.
4) Menyimpulkan seluruh poin yang telah ia kemukakan.

Tugas kedua reply speaker :
1) Menyimpulkan dan meninjau secara luas dan komperhensif.
2) Mengemukakan seluruh argumen yang telah diajukan.
3) Membenarkan pendapat timnya.


Mungkin ada beberapa istilah yang masih asing di telinga Anda, berikut adalah penjelasannya :
1. Motion
Motian adalah topik, yang merupakan susunan pernyataan yang menentukan hal apa yang akan didebatkan. Tim affirmative harus mempertahankan motion, sementara tim negative harus menentangnya.
2. Theme Line ( Benang Merah )
Theme Line adalah hal yang mendasari logika motion. Theme Line menjelaskan strategi argumen tim, apakah mempertahankan atau menolak motion. Biasanya singkat saja kalimatnya tapi sangat tegas dan berbobot.
3.Team Split
team split merupakan pembagian tugas dari setiap pembicara pada setiap tim.
4.Argumen
Argumentasi adalah proses penjelasan mengapa sudut pandang pembicara harus diterima. Sangat erat hubungannya dengan logika dan bukti-bukti yang mendukung kesimpulan utama.
5. Rebuttal
Rebuttal merupakan proses pembuktian bahwa argumen tim lawan salah.

Itu adalah beberapa informasi mengenai debat bahsa inggris, dan bagi Anda sekalian yang ingin mencoba silahkan mencoba, karena denbat itu sangat menyenangkan. So, happy debating guys,,, :-)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

Unknown mengatakan...

thank a lot of your inform, really help me :)

Unknown mengatakan...

Awesome .. thank you very much for u information...

Unknown mengatakan...

Awesome .. thank you very much for u information...

Aira Vey mengatakan...

Thank you very much for your information, it's really help me

Kumpulan Musik favorit mengatakan...

do you have any source for me to learn about english debate in british parliamentary ??

MinAe Cho mengatakan...

Can u give me some examples how to be reply speaker or all of speakers argument with this motion: " TH support substantial comparate funding to university research." And dont remember that this motion is talking 'bout Univ. Research. So, could u explain to me HOW to be esspecially for reply speaker. Thank you

Unknown mengatakan...

This article is very good. It adds my knowledge about English Debate.

Posting Komentar